Menghindari Plagiat

Posted on Updated on


1cd399cacf211837ad7f55719843d2b4

Plagiat atau menjiplak adalah kegiatan menyamakan sebuah karya seseorang dengan karya yang akan kita buat. Plagiat bisa disebabkan oleh kurangnya kreatifitas si penjiplak, ingin mendapatkan hasil instan sebuah karya, maupun dorongan untuk bersaing tapi tidak mempunyai kemampuan. Contoh perilaku plagiat  adalah mencopy paste tulisan di blog atau website orang untuk memasukkan kedalam blog atau websitenya. Memang perilaku ini umum terjadi dan sudah menjadi kebiasaan umum. Tapi ada baiknya coba dulu membuat sendiri bila hasilnya tidak memuaskan maka itu sudah termasuk keterpaksaan untuk melakukan penjiplakan. Sebelum menjiplak sebaiknya anda meminta izin dulu kepada pemiliknya ataupun menuliskan sumber asalnya.

Tips menghindari perilaku  plagiat terhadap karya orang lain :

1. Kembangkan kreatifitas, opini dan budayakan membaca.

Dengan kreatifitas maka dapat mengembangkan karya sendiri sehingga terkadang akan lebih baik daripada karya orang lain. Kreatifitas dapat dikembangkan dengan sering melakukan kegiatan seni yang membutuhkan pikiran untuk membuat suatu benda atau apapun menjadi semenarik mungkin tanpa meniru buatan orang. Sedangkan opini dapat muncul ketika kita sering membaca, dalam membaca biasanya kita mendapatan suatu masalah yang tidak terpecahkan dalam tulisan tsb. Disinilah muncul opini-opini untuk memecahkannya. Keberagaman opini yang muncul diakibatkan keberagaman bacaannya tentang topik yang bermasalah tadi dan pemahaman yang berbeda terhadap sebuah tulisan.

2. Yakinkan pada diri sendiri bahwa karya sendiri lebih baik daripada orang lain.

Hal ini bukan bermaksud untuk berbangga diri tetapi tidak lain untuk menghindari plagiat alasannya karena dengan mengaggap karya sendiri lebih baik maka pastinya akan merasa malas ataupun terasa riskan untuk memasukkan karya orang ke karya kita. Yang hanya bisa mekontaminasi karya kita saja. Jadi hal ini bisa disebut sebagai pembangun kepercayaan akan karya sendiri.

Trik menghindari orang yang ingin menjiplak karya buatan kita :

1. Jika itu foto maka selipkan nama atau alamat blog kedalam foto tsb

Cara ini bisa dibilang sangat ampuh karena jika si penjiplak foto yang sudah kita selipkan nama maka akan terbukti dengan jelas bahwa dia menjiplak karya orang dan bisa saja jika dituliskan di foto itu sebuah alamat web maka orang yang  membaca di situs si penjiplak akan melihat alamat itu kemudian bisa saja ia membukanya karena merasa tertarik kepada alamat web pemilik asli dari foto itu. Ada untungnya juga kan.

Sekian trik dan tips dari saya, Semoga Bermanfaat!

Aviary Photo_130208461450938702

2 thoughts on “Menghindari Plagiat

    priadana01 said:
    Juni 12, 2013 pukul 10:50 AM

    Reblogged this on GO ONLINE and commented:
    MAKA DARI ITU DISETIAP POSTINGAN GO ONLINE BILA ITU ADALAH HASIL COPAS HARUS BERISI REBLOG FROM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s